Mobil Kades Galar Terbakar

NGABANG, LANDAKPOST.COM - Mobil milik kepala Desa Galar, Kecamatan Sompak mengalami kebakaran saat terparkir di depan Kantor Bupati  ...



NGABANG, LANDAKPOST.COM - Mobil milik kepala Desa Galar, Kecamatan Sompak mengalami kebakaran saat terparkir di depan Kantor Bupati Landak, Senin (16/1/2017) siang.

Menurut pemilik kendaraan Kepala Desa Galar, Hendri Deny bahwa saat meninggalkan mobil semuanya sudah dalam keadaan mati dan tidak ada tanda-tanda korsleting di mobil.

"Sebelum ditinggalkan tadi sudah dimatikan mobilnya, semuanya sudah daalm keadaan mati. Tidak ada bau kabel yang hangus atau lainnya. Semuanya normal saja," jelasnya.

Kedatangannya ke Kantor Bupati Landak adalah untuk melakukan konsultasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) di kantor Pemerintah Desa (Pemdes).

"Tadi datang mau konsultasi RPJM di lantai 2, di Pemdes. Pas mau turun ke bawah, mau pulang lalu ada yang bilang ada mobil terbakar. Pas saya lihat mobil saya sudah terbakar dan sudah terlihat beberapa orang berusaha memadamkannya pakai air seadanya," jelasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak, Banda Kolaga menjelaskan bahwa pihaknya melalui Kabid Darurat dan Logistik (Darlog) telah mendapat laporan mengenai terjadinya kebakaran mobil yang terparkir di halaman Kantor Bupati Landak dari Kabag Humas Pemda Landak.

"Tadi saya dapat laporan dari Kabid Darlog sekitar pukul 14.30 WIB. Kabid sendiri dihubungi olah Kabag Humas Pemda Landak," jelasnya ketika ditemui Tribun Pontianak di lokasi kejadian sekitar pukul 14.50 WIB.
Mendapat laporan tersebut, anggotanya langsung menuju lokasi dengan membawa satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) beserta satu unit mobil dengan Alat Pemadam Api Ringan (Apar)
.
"Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) begitu dapat informasi kita langsung kumpulkan anggota. Kemudian kita lakukan pengemasan barang yang akan dibawa langsung ke lokasi. Dalam tempo 10 menit kita sudah sampai di lokasi kejadian," jelasnya.

Pada saat sampai di lokasi, ia menjelaskan bahwa api dalam keadaan tidak terlalu besar.

Oleh karena itu anggota dari Kabid Darurat dan Logistik (Darlog) langsung melakukan penanganan pertama.

"Sampai di lokasi mobil dalam keadaan kosong. Kita tidak gunakan mobil Damkar karena api tidak terlalu besar, maka kita menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (Apar). Sekitar 15 menit kita tangani, api sudah dapat dijinakkan," ujarnya.

Dijelaskannya bahwa ketika anggotanya membuka pintu mobil titik api muncul tepat didekat pijakan rem.

Oleh karena itu, dugaan sementara penyebab kebakaran karena adanya korsleting kabel pada mobil.

"Tadi pas anggota kita datang, api memang berasal dari dalam mobil. Karena api tidak terlalu besar, anggota kita buka pintu depan, api terlihat berasal dari sekitar pijakan rem tepat di bawah setir mobil. Kemungkinan ada korsleting kabel dari situ," jelasnya.

Belajar dari kejadian tersebut, ia mengimbau kepada para pengendara baik kendaraan roda dua maupun roda empat untuk selalu menjaga kondisi kendaraan secara rutin sehingga tidak lagi terjadi kejadian yang sama.
"Kejadian seperti ini memang jarang terjadi, namun kita tetap harus selalu antisipasi. Bagi pemilik kendaraan sebaiknya selalu melakukan perawatan rutin terhadap kendaraan. Apalagi terkait dengan masalah kabel, kan memang rawan korsleting," pungkasnya. (PT/WAN)




COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Mobil Kades Galar Terbakar
Mobil Kades Galar Terbakar
https://1.bp.blogspot.com/-PVPkbUnwELQ/WHy2Pfwe9zI/AAAAAAAAAD4/vvHQjVuP88cJdl0Vj66vfqale3qVUqpLQCLcB/s320/Untitled.png
https://1.bp.blogspot.com/-PVPkbUnwELQ/WHy2Pfwe9zI/AAAAAAAAAD4/vvHQjVuP88cJdl0Vj66vfqale3qVUqpLQCLcB/s72-c/Untitled.png
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/01/mobil-kades-galar-terbakar.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/01/mobil-kades-galar-terbakar.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy