Olahraga di Akhir Pekan Bisa Turunkan Risiko Kematian Dini

                                      JAKARTA, LANDAKPOS.COM - Berolahraga memang seharusnya dilakukan setiap hari. Hal itu akan memb...


                                     

JAKARTA, LANDAKPOS.COM - Berolahraga memang seharusnya dilakukan setiap hari. Hal itu akan membuat tubuh lebih bugar dan menjauhkan diri dari penyakit. Namun, di era modern yang menuntut lebih banyak waktu melakukan pekerjaan di hari kerja, maka waktu olahraga tak pelak bergeser di akhir pekan.


Pada dasarnya, manusia membutuhkan waktu olahraga ideal total selama 150 menit per minggunya, jika dilakukan secara moderat. Namun, bila olahraga dilakukan dengan intensitas tinggi, maka total waktu yang dibutuhkan per minggunya adalah 75 menit. 


Tapi, periset tidak menyebutkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga setiap harinya, apakah olahraga seharusnya dilakukan setiap hari, atau dilakukan dalam satu waktu saja. 


Imbasnya, setiap orang punya jadwal olahraga yang berbeda yang disesuaikan dengan rutinitas harian mereka. Ada yang berolahraga setiap hari, ada juga yang hanya berolahraga di akhir pekan.


Di sisi lain, menurut studi yang diterbitkan di jurnal American Medical Association (JAMA) Internal Medicine, olahraga di akhir pekan ternyata punya manfaat yang sama dengan olahraga yang dilakukan setiap hari. 


Mengutip AFP, hasil penelitian University of Sydney tersebut menunjukkan bahwa baik mereka yang berolahraga setiap hari, atau hanya berolahraga di akhir pekan, sukses menurunkan risiko kematian dini hingga 30 persen.


Studi tersebut dilakukan terhadap 64 ribu responden selama 9 tahun. Responsen dibagi menjadi empat kelompok, yakni tidak pernah berolahraga, kadang-kadang berolahraga, hanya berolahraga di akhir pekan dan berolahraga setiap hari.


Dari hasil penelitian, diketahui bahwa tiga kelompok yang berolahraga, punya tingkat kebugaran yang lebih tinggi dibanding yang tidak sama sekali. Olahraga, meskipun tidak dilakukan secara rutin, mampu menurunkan risiko kematian dini hingga 30 persen. 


Adapun risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 40 persen lebih rendah, sementara risiko kematian akibat kanker, 18 persen lebih rendah, pada mereka yang hanya berolahraga di akhir pekan, dibanding dengan yang tidak berolahraga sama sekali.


Angka serupa juga ditemukan pada mereka yang kadang-kadang berolahraga ataupun yang setiap hari berolahraga. 


“Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa olahraga, meskipun jarang dilakukan, punya manfaat besar terhadap kesehatan. Berolahraga hanay sekali seminggu atau hanya di akhir pekan, bisa menurunkan risiko kematian dini akibat penyakit pembuluh darah maupun kanker,” papar kepala peneliti Emmanuel Stamatakis dari University of Sydney.


Adapun dari studi tersebut juga diketahui pria lebih sering berolahraga dibanding wanita, yakni sebanyak 300 menit per minggunya. Pria juga lebih banyak melakukan olahraga di akhir pekan, sementara wanita melakukan olahraga reguler dibarengi kegiatan lain, seperti berkebun atau berjalan-jalan. 


Meskipun begitu, sebanyak 63 persen peserta studi diketahui tidak pernah berolahraga, sebanyak 22 persen kadang-kadang berolahraga, sebelas persen peserta mengaku aktif berolahraga dan hanya 3,7 persen yang berolahraga di akhir pekan.


Olahraga bermanfaat bagi kesehatan dengan menurunkan kadar kolesterol, mengontrol berat badan, meningkatkan kualitas tidur, serta menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes. (CNNI)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Olahraga di Akhir Pekan Bisa Turunkan Risiko Kematian Dini
Olahraga di Akhir Pekan Bisa Turunkan Risiko Kematian Dini
https://1.bp.blogspot.com/-EbirUe0VJ-M/WHyMFDO5JQI/AAAAAAAAACw/Nl_FF1JGq1Q9C2x2je_OBH4zrIzwlHB3wCLcB/s320/88440cab-7207-4e7c-a424-cd92b545015b_169.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-EbirUe0VJ-M/WHyMFDO5JQI/AAAAAAAAACw/Nl_FF1JGq1Q9C2x2je_OBH4zrIzwlHB3wCLcB/s72-c/88440cab-7207-4e7c-a424-cd92b545015b_169.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/01/olahraga-di-akhir-pekan-bisa-turunkan.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/01/olahraga-di-akhir-pekan-bisa-turunkan.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy