Bawaslu Kalbar Petakan Kerawanan Pilkada, Landak dan Singkawang Termasuk Rawan Sedang

NGABANG,  LANDAKPOST. COM - Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Ruhermansyah mengatakan sejak jauh hari pihaknya siap menghadapi ...



NGABANG,  LANDAKPOST. COM - Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat Ruhermansyah mengatakan sejak jauh hari pihaknya siap menghadapi kerawan terjadi di Pilkada serentak tanggal 15 Februai 2017. 

"Khusus Pilkada di Kalimantan Barat di Kabupaten Landak dan Kota Singkawang kata Gorinya adalah  tidak rawan/rawan sedang, " kata Ruhermansyah, kepada wartawan disela-sela sosialisasi tatap muka pengawas pemilu partisipatif, Senin (06/02/17) di Aula Hotel Hanura Ngabang. 

Menurutnya,  ada pendataan kerawanan  TPS Pilkada Kalbar tida lain adalah dalam rangka pengawasan. Pemetaan ini dibuat, berdasarkan beberapa aspek, terhadap geografisnya,  terhadap distribusi logistiknya, keamanan logistiknya,  atau dahulunya daerah ini sering terjadi pelanggaran atau menyebabkan terjadi komplik. 

Aspek lainnya, kata Ruhermansyah,   penyelenggara  pemilih yang terbukti tidak netral.
Disinilah kita petakan TPSnya rawan,  tidak rawan,  rawan,  rawan sedang, sangat rawan. Panwalu akan mensinergiskan tugasnya,  yaitu setiap TPS ada pengawasnya.  

"Apa bila ada laporan tentang dugaan aspek kerawanan yang sangat tinggi. Maka kita akan lebih inten melakukan pengawasan. Harus ada PPL dan Pengawas Kecamatan (Panwascam). Sementara tidak rawan atau  kerawan sedang cukup kita sinergikan pengawas TPS,  " jelas Ruhermansyah.  

Ruhermansyah kembali menegaskan, kerawan disini dimaksud adalah terhadap potensi pelanggaran bukan rawan konplik. Maksundnya rawan pemilu. 
Potensi ini, kata Ruhermansyah belum tentu terjadi. Maka, sejak awal pihaknya membuat pemetaan.

"Mudah-mudahan kerjasama dengan masyarakat  didukung dari elemen masyarakat yang ada, apa bila terjadi potensi rawan tinggi terhadap dugaan pelanggaran maka dapat kita cegah, dan pelanggaran tidak akan terjadi, " harap Ruhermansyah. 

Disinggung,  apakah ada laporan masuk ke Bawaslu Provinsi Kalbar tetang kecurangan pilkada Landak? Ia mengatakan laporan pelanggaran belum ada dari Panwaslu Kabupaten Landak.  

"Tindak lanjut dari dugaan  pelanggaran ini, didapat dari laporan masyarakat dan temuan dari pengawas pemilu.  Dari laporan masyarakat tidak ada,  dari temuan pengawas pemilu ada yaitu dugaan pelanggaran admistrasi.  Dan ini sudah dilaporkan ke KPU untuk ditindak lanjuti. Dugaan alat peraga kampanye diluar ditetapkan  KPU, misal buat sendiri, sudah ditindak lanjuti,  " bebernya. 

Ditanya,  apakah ada laporan pelanggaran yang dilakukan penyelenggara?  "Secara etika belum, pidananyapun belum ada belum ditemukan. Namun demikian, bahasanya kita tidak boleh lengah," jawab pria kelahiran Sanggau ini. 

Ruhermansyah juga mengatakan, pelanggaran Pilakada  ini bisa saja dilakukan oknum Pasangan calon,  tim kampanye,  tim sukses. Atau bisa saja peyelenggaran pemilu. Dicontohkan  Ruhermansyah,  pengawas TPS dan pengawas KPPS. 

"Bermupakat jahat dimana orang yang tidak berhak memilih disuruh memilih. Ada sisa suara digunakan untuk tujuan tertentu. Hal-hal seperti ini yang kita hindari jangan sampai terjadi, " tegas pria kalem ini. (hi74) 

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Bawaslu Kalbar Petakan Kerawanan Pilkada, Landak dan Singkawang Termasuk Rawan Sedang
Bawaslu Kalbar Petakan Kerawanan Pilkada, Landak dan Singkawang Termasuk Rawan Sedang
https://4.bp.blogspot.com/-aIkJn4o31KM/WJg0NloJ8KI/AAAAAAAAA68/Xi4moUKl7Lw7FB5cPXYlDJX9TPbeyT-ZACLcB/s320/aaa.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-aIkJn4o31KM/WJg0NloJ8KI/AAAAAAAAA68/Xi4moUKl7Lw7FB5cPXYlDJX9TPbeyT-ZACLcB/s72-c/aaa.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/02/bawaslu-kalbar-petakan-kerawanan.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/02/bawaslu-kalbar-petakan-kerawanan.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy