Cornelis: “Debat Publik” Seperti Ujian Doktor

NGABANG, LANDAKPOST.COM -   Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menilai proses Debat Publik yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (K...


NGABANG, LANDAKPOST.COM -   Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menilai proses Debat Publik yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Landak, Kamis (02/02/17) di Aula Kantor Bupati Landak  seperti ujian doktor.

“Ya, kayak seperti ujian doktor. Ditanya, bukan kandidat berdebat, tidak ada tapi para panelis bertanya kepada satu pasangan calon (paslan),” kata Cornelis, menjawab wartawan, usai mengikuti Debat  Publik  Pilkada Landak 2017, Kamis (02/02/17), di Aula Kantor Bupati Landak.  



Mantan bupati Landak ini juga menilai, proses Debat Pubik ini berjalan lancar, baik dan tepat waktu. Jawaban-jawaban tidak keluar dari pertayaan yang diajukan oleh empat panelis. Sesuai dengan undang-undang berlaku.

“Debat Publik ini sangat penting, supaya ini bisa disiarkan melalui lembaga informasi  seperti televisi atau radio. Malah saya sangka Debat Publik  tadi  disiaran oleh  Metro TV atau TV 1, supaya presiden nonton juga. Dimana yang kita majukan ini apakah bisa atau tidak, pandai atau tidak, dan ini bisa dilihat masyarakat luas, ” harap Presiden Majelis Adat Dayak Nasional  ini.


Demikian juga, kata Cornelis, dengan visi maupun misi, apakah  paslon ini terlalu menggada-ngada atau sudah sesuai dengan kondisi dilapangan.  “Nah, ini bisa kita lihat dan dengar. Kalau programnya ngawang-ngawang ada  membuat pabrik senjata ini kan sudah ngawur. Demikian juga dengan program yang ditawarkan sesuai dengan undang-undang sesuai dengan menyangkut urusan wajib dari pada kabupaten  dan pilihan, dan ini harus bentul-betul kita terapkan,” harap Cornelis.

Jadi, dari admistri pemerintah derah dan demokrasi,  dan umum itu sudah sesuai.  Dimana  saat ini, banyak orang selalu berteriak, tapi landasan yuridis formal  tidak jelas. “Nah, sekarang kita mau bagaimana  pemerintah daerah itu yang demokratis dan berdasarkan hukum. Sehingga nanti tidak terjadi  hal-hal yang melanggar terutama yang menyangkut urusan dan mengerti  apa yang boleh dan apa yang tidak boleh.  Dengan demikian kita bisa menguranggi pling tidak bisa menekan angka korupsi.



Demikian juga semua kebijakan  bagus atau kebijakan yang normal   dan sudah mendapat persetujuan DPRD. Tapi kalau peyelenggaranya yaitu para birokrat tidak benar, tidak displin, tidak loyal, tidak menjalankan sesuai dengan undang-undang sama saja “bual”. Karena yang yang menjalaknya setihap hari  adalah mereka. Bupati dan wakil bupati  membuat kebijakan. Sekda  yang berperanan, dianss, badan, mulai dari staf biasa sampai eselon.

“Bila mereka tidak bekerja sungguh-sungguh cita-cita itu tidak akan terwujud, biarpun sudah tertuang dalam APBD/ bila mereka lalai tidak bisa jalan. Sehingga akan macet, maka akan munculkah silva,” kata Cornelis. (hi74)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Cornelis: “Debat Publik” Seperti Ujian Doktor
Cornelis: “Debat Publik” Seperti Ujian Doktor
https://4.bp.blogspot.com/-o7RjzS1HgGU/WJL3pbvSHyI/AAAAAAAAA0k/5_m9Rl2_qeoL1WqzjaEIDbpEu5KP1DEawCLcB/s320/01.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-o7RjzS1HgGU/WJL3pbvSHyI/AAAAAAAAA0k/5_m9Rl2_qeoL1WqzjaEIDbpEu5KP1DEawCLcB/s72-c/01.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/02/cornelis-debat-publik-seperti-ujian.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/02/cornelis-debat-publik-seperti-ujian.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy