Kalbar Bentuk Sekretariat Bersama Pengelolaan Kawasan Konservasi

PONTIANAK, LANDAKPOST.COM - Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kalimantan Barat membentuk sekretariat bersama dalam rangka pengelol...





PONTIANAK, LANDAKPOST.COM - Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kalimantan Barat membentuk sekretariat bersama dalam rangka pengelolaan bersama hutan dan kawasan konservasi di provinsi itu.

"Dalam hal ini untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada juga sudah banyak pihak yang berperan di dalamnya. Namun pihak-pihak ini bekerja sendiri-sendiri sehingga terkesan tidak ada sinergi dalam mengatasi permasalahan," kata Kadis Kehutanan dan Lingkungan Hidup Kalimantan Barat, Marcellus, TJ di Pontianak, Rabu.

Untuk itu, pihaknya mencoba merangkul stakeholder terkait untuk bergabung dalam sekretariat bersama agar bisa bersinergi dalam penanganan masalah area konservasi. Dengan adanya sekretariat bersama ini diharapkan semua steakholder terkait bisa bersinergi dalam menangani berbagai permasalahan lingkungan hidup dan pemanfaatan SDA yang ada bisa ditanggulangi bersama.

"Makanya dalam pertemuan ini kita menggandeng NGO, LSM dan perusahaan yang memiliki keterkaitan dengan hal ini," kata dia.

Sejauh ini kita melihat sudah ada perusahaan yang menjalankan kewajibannya untuk kelestarian area konservasi yang ada di dalam izin kerja mereka," tuturnya.

Namun, lanjutnya, tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada juga perusahaan yang belum menjalankan hal itu.

"Ini yang akan kita bina secara terus menerus agar perusahaan-perusahaan ini bisa menjaga area konservasinya dengan baik.Untuk itu, kita harapkan ke depan perusahaan ini bisa berkontribusi dalam melestarikan area konservasi yang ada," katanya.

Marcellus menjelaskan, di ekosistem hutan, biasanya konflik konservasi nampak antara satwa endemik lalu pengusaha HPH (Hak Pengusahaan Hutan). Karena habitatnya menciut dan kesulitan mencari sumber makanan, akhirnya satwa ini keluar dari habitatnya kemudian menyerang manusia.

Dengan adanya sinergi dari semua pihak, diharapkan berbagai permasalahan yang ada pada daerah konservasi bisa semakin dikurangi sehingga kelestarian dari daerah konservasi bisa terus terjaga.

"Seperti yang kita ketahui, kelestarian ekosistem, khususnya didaerah konservasi tentu harus dijaga untuk mencegah kerugian yang diakibatkan oleh sistem penyangga kehidupan misalnya kerusakan di dalam hutan lindung, daerah haluan sungai dan lain-lain. Kerusakan pada lingkungan akan mendatangkan bencana dan otomatis mengenai mengakibatkan kerugian," tuturnya. (ant)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Kalbar Bentuk Sekretariat Bersama Pengelolaan Kawasan Konservasi
Kalbar Bentuk Sekretariat Bersama Pengelolaan Kawasan Konservasi
https://1.bp.blogspot.com/-beHvb8bbsRA/WLOGBSDW2zI/AAAAAAAABxY/OGEslKF9oKk0-zP30a-B0aV3WtZGPFODQCLcB/s320/20170222forest.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-beHvb8bbsRA/WLOGBSDW2zI/AAAAAAAABxY/OGEslKF9oKk0-zP30a-B0aV3WtZGPFODQCLcB/s72-c/20170222forest.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/02/kalbar-bentuk-sekretariat-bersama.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/02/kalbar-bentuk-sekretariat-bersama.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy