Keberadaan Uang Baru Tahun 2016 Masih Terbatas

NGABANG,  LANDAKPOST. COM - Hingga saat ini masyarakat Kabupaten Landak masih penasaran dengan uang baru yang dilonching pemerintah t...




NGABANG,  LANDAKPOST. COM - Hingga saat ini masyarakat Kabupaten Landak masih penasaran dengan uang baru yang dilonching pemerintah tahun 2016 lalu.  Masyarakat penasaran, kapan masyarakat  Kabupapaten Landak bisa memiliki dan mengunakan uang baru itu.

Pimpinan Bank Kalbar Cabang Ngabang Munawar Gunakan kepada media ini mengatakan  uang rupiah Tahun Emisi 2016 belum banyak beredar di Kabupaten Landak, kalaupun ada hanya  terbatas.

" Uang baru memang sudah ada, cuma masih terbatas ditempat kita. Karena Bank Indonesia  masih menghabiskan uang baru yang cetakan lamu dulu," kata Munar Gunawan.

Jatah Kalbar Hanya Dapat 10 Miliar

Kasir 1 KPw BI Provinsi Kalbar, Trisno Sumaryo mengatakan antusiasme masyarakat terhadap uang NKRI baru kata Trisno sangat tinggi. Saat ini, penukaran merata untuk semua jenis nominal tetapi ia pastikan pecahan kecil paling diminati oleh masyarakat.

Beberapa bank di Kota Pontianak kata Trisno sudah melakukan penukaran tetapi karena memang peredaran uang masih sangat terbatas uang dengan baru tersebut belum bisa di distribusikan melalui ATM.

"Kita belum bisa memastikan kapan bisa di distribusikan melalui ATM. Untuk Kalbar kita mempunyai Rp 10 miliar saja, "ujar Trisno pada Kamis, (5/12/2016).

Kuotanya kata Trisno berbeda-beda antar provinsi berdasarkan proyeksi masing-masing kabupaten atau provinsi. Ia mengatakan ada Estimasi Kebutuhan Uang (EKU), ini disusun untuk perencanaan satu tahun ke depan.

"Untuk Kalbar sudah kita hitung dan pastinya berbeda dengan kota lain. Setiap uang yang Tidak Layak Edar (TLE) akan dilakukan pemusnahan," ujar Trisno.

Trisno menjelaskan penyebaran uang palsu atau Upal masih menjadi masalah yang dihadapi BI. Ia berharap dengan fitur uang rupiah baru, maka semakin sulit rupiah untuk dipalsukan.

"Untuk mencegah penyebaran upal. Tahun yang lalu sama dengan yang sekarang dan yang akan datang akan kita lakukan secara preventif guna mencegah penyebaran Upal dengan sosialisasi," ujar Trisno.

Dengan sosialisasi rutin termasuk melalui bank masyarakat ia harapkan mengenal ciri khas rupiah. Sehingga ketika uang palsu beredar masyarakat mengetahui dan tidak terjebak dan dirugikan karena menerima uang palsu tersebut.

"Pada 2016 ada sekitar 1800 lembar. Memang ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Ada dua sisi kita merasa sosialisasi berhasil, sisi lain pemalsuan semakin banyak sehingga masih terua sosialisasi. Peredaran Upal paling banyak di Kota Pontianak dengan jumlah pecahan besar. Pengedar sudah di periksa dan diadili," ujar Trisno. (hi74/pt)


COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Keberadaan Uang Baru Tahun 2016 Masih Terbatas
Keberadaan Uang Baru Tahun 2016 Masih Terbatas
https://2.bp.blogspot.com/-CerXX3AE_V0/WLJWQFs--SI/AAAAAAAABw8/tVdpLJE-Mqgd61oRUwt055LtssUFaoLwQCLcB/s320/IMG_20170226_111426.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-CerXX3AE_V0/WLJWQFs--SI/AAAAAAAABw8/tVdpLJE-Mqgd61oRUwt055LtssUFaoLwQCLcB/s72-c/IMG_20170226_111426.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/02/keberadaan-uang-baru-tahun-2016-masih.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/02/keberadaan-uang-baru-tahun-2016-masih.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy