Meremehkan Stres Picu Bunuh Diri di Media Sosial

NGABANG, LANDAKPOST.COM - Kasus bunuh diri di media sosial yang terjadi baru-baru ini dinilai psikolog sebagai bentuk peringatan bagi m...



NGABANG, LANDAKPOST.COM - Kasus bunuh diri di media sosial yang terjadi baru-baru ini dinilai psikolog sebagai bentuk peringatan bagi masyarakat untuk tidak meremehkan stres atau depresi.

Psikolog Livia Iskandar mengatakan ada beberapa hal yang bisa mengindikasi mengapa seseorang bunuh diri sembari mempertontonkan di media sosial.

Salah satunya, orang tersebut ingin orang lain memperhitungkan kasus dia. "Bisa jadi saat ia stres atau depresi, tapi orang lain tidak peduli," kata Livia kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (18/3).

Menurut Livia, faktor lingkungan bisa jadi pemicu bunuh diri di media sosial.

Ketika lingkungan terdekat seperti keluarga dan teman tidak peduli akan stres yang dirasakan seseorang, maka dapat membuat dia kehilang harapan.

Faktor lainnya bisa berasal dari diri sendiri. Stres, kata Livia, ibarat flu, bisa dialami semua orang. Orang perlu belajar untuk mempersepsi atau mengolah rasa stres.

"Ada hal yang bisa kita kendalikan, ada juga yang tidak. Hal-hal yang di luar kendali, itulah yang mesti dilepas," kata Livia.

Faktor genetika pun bisa memicu bunuh diri. Livia mengatakan riwayat bunuh diri dalam keluarga dapat membuat anggota keluarga tersebut menjadi lebih rentan melakukan hal yang sama.

Selain itu, ia menuturkan generasi saat ini cenderung rentan mengalami stres dan depresi akibat gaya hidup yang serba instan dan mudah.

Sehingga, ketika menghadapi sebuah masalah, kadang penyelesaian secara instan dianggap lebih baik.

"Padahal tidak seperti itu. Segala sesuatu perlu proses," imbuh Livia.

Bentuk ketidakpedulian masyarakat akan kondisi stres dan depresi juga tampak ketika kejadian bunuh diri di media sosial menjadi sorotan beberapa hari terakhir.

Dalam unggahan adegan tersebut, banyak komentar netizen yang tidak menunjukkan empati atas kejadian itu.

Situasi ini membawa keprihatinan sendiri dari segi psikologi. Menurut Livia, komentar yang tidak menunjukkan empati cenderung akan membawa beban lebih kepada keluarga yang ditinggalkan.

Bertanya

Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan pada orang penderita stres dan depresi, Livia mengatakan lingkungan harus mengenali gejala atau tanda yang ada salah satunya adalah perubahan perilaku.

Livia menjelaskan orang yang biasanya ceria lalu mendadak murung atau kehilangan minat terhadap kegiatan yang disukai termasuk gejala dan sepresi.

Bila terjadi pada anak, menurut Livia, salah satu contoh kasus adalah bila anak mendapatkan nilai lebih rendah dari pada biasanya. Livia menyarankan untuk melakukan dialog.

"Kita bertanya ada apa. Lalu yang perlu diperhatikan di sini kita 90 persen mendengarkan, jangan diberi nasehat. Bisa jadi nanti orang itu tambah kesal kalau dinasehati," katanya.

Livia berkata, jika orang itu tidak mau bercerita, bisa disarankan untuk ke tenaga profesional seperti psikolog dan psikiater.

Dia menjelaskan peran psikolog adalah lebih untuk konsultasi. Apabila tidak ada kemajuan atau dampak positif, maka psikolog akan merujuk ke psikiater. (cnni)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Meremehkan Stres Picu Bunuh Diri di Media Sosial
Meremehkan Stres Picu Bunuh Diri di Media Sosial
https://1.bp.blogspot.com/-drEE48N1hOU/WM4EwnYq5-I/AAAAAAAACc4/PTR1UI6MXSc9JO1pi93Zs6D-TEPpDC4bwCLcB/s320/IMG_20170319_110812.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-drEE48N1hOU/WM4EwnYq5-I/AAAAAAAACc4/PTR1UI6MXSc9JO1pi93Zs6D-TEPpDC4bwCLcB/s72-c/IMG_20170319_110812.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/03/meremehkan-stres-picu-bunuh-diri-di.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/03/meremehkan-stres-picu-bunuh-diri-di.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy