Bupati Ajak Warga Waspada Banjir Dan Tanah Longsor

NGABANG,  LANDAKPOST. COM -Menghadapi musim penghujan di Kabupaten Landak.  Pj.  Bupati Landak Jakius Sinyor mengajak masyarakat Kabupat...


NGABANG,  LANDAKPOST. COM -Menghadapi musim penghujan di Kabupaten Landak.  Pj.  Bupati Landak Jakius Sinyor mengajak masyarakat Kabupaten Landak untuk selalu waspada bila hujan datang bisa mengakibatkan bencana banjir dan terjadinya tanah longsor.

"Saya mengajak masyarakat selalu waspada dan berhati-hati karena kita tidak bisa melawan alam, " kata Jakius Sinyor,  Senin (06/03/17), di aula Kantor Bupati Landak.

Kadis PU Kalimantan Barat ini mengatakan, paling tidak dengan selalu siap dan waspa bencana banjir dan tanah longsor bisa meminimalisir bencana. "Kita persiapkanlah sebaik mungkin, " pintanya.

Terlebih Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Landak diminta untuk selalu siap bila ada bencana langsung ke tempat terjadi bencana.

BPBD Kabupaten Landak Selalu Siap Siaga

Sebelumnya Kepala BPBD Kabupaten Landak Banda Kolaga mengatakan berdasarkan rapat propinsi beberapa waktu lalu  agar setiap daerah di Kalimantan Barat mengeluarkan surat Siaga Karhutla.

"Ini dimaksudkan pada bulan Januari lalu terjadi kebakaran di kota Pontianak.  Namun B kondisi saat ini, saya belum berani mengeluarkan surat tersebut. Tapi saya masih memberlakukan SK Siaga Darurat Banjir dan Longsor  yang berakhir pada bulan Maret nanti,  " kata Banda Kolaga,  Selasa (28/02/17l),  diruang kerjanya.

Banda mengatakan, ini artinya SK masih berjalan hingga awal Maret 2017. Apa bila melihat kondisi
hujan masih tinggi,  maka SK surat itu akan diperpanjang. Sementara SK. Karhutla belum dikeluarkan.

"Apa bila terjadi kebakaran disalah satu daerah di Kabupaten Landak. Maka akan dikeluarkan SK Karhutla. Khusus terbatas pada kecamatan-kecamatan curah hujannya agak kurang, " katanya.

Terkait  situasi hujan saat ini, mantan Kasat Pol PP ini bersyukur Camat Menjalin mengingatkan warganyan untuk mengantisipasi datangnya banjir, banjir bandang dengan lembaga-lembaga yang ada.

"Biasanya di kecamatan sudah terbentuk siaga pemadam api,  siaga desa tangguh bencana dan mereka sudah bisa mengunakan itu, " jelasnya.

Terkait operasional mereka,  lanjut Banda Kolaga,  masih mengunakan dana swadaya mereka.

"Dari hasil rakor nasional,  lembaga yang ada di kecamatan ini masih bisa difasilitasi. Terutama terhadap peningkatan Sumber Daya Manusianya. Yaitu pelatihan-pelatihan. Apa bila mereka mereka tidak diberikan pelatihan maka percuma saja pembentukannya.  Hal semacam inilah diingatkan dalam Rakornas lalu, " jelasnya.

Dalam Siaga Darurat Banjir dan Longsor ini ada pola yang digunakan, apabila terjadi bancana disalah satu daerah  kita aktif dengan teknologi kita sampaikan laporan ini. ke bnpb.  dengan data kasar telah terjadi bencana misal putus jembat. mengakibatkan jalur bebera desa terputus.  dapat laporan. ini bnpb. pusat akan langsung turun kelokasi yang terjadi bencana.

"Mereka akan turun langsung dan melihat kondisi yang terjadi. Bila terjadi dengan manusianya membutuhkan dana maka BNPB akan membuat laporan besok atau lusa akan keluar dana bantuan untuk bencana.  Beda dengan yang dulu sistimnya panjang kalau sekarang diperpendek, " katanya.

Banda Kolaga berharap kepada camat se Kabupaten Landak dalam hal Siaga Darurat Banjir dan Longsor selalu mengingatkan.  Apabila ada bencana segera melaporkan ke BPBD Kabupaten Landak.  Agar anggota. kami bisa lansung turun ke lapangan, " tukasnya.  (hi74)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Bupati Ajak Warga Waspada Banjir Dan Tanah Longsor
Bupati Ajak Warga Waspada Banjir Dan Tanah Longsor
https://4.bp.blogspot.com/-0mPRdFu3BJg/WL1LQEllTKI/AAAAAAAACDY/F8KPgkDeu8wuzIdl4-XitVvVwRHHFm38wCLcB/s320/1488790454687.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-0mPRdFu3BJg/WL1LQEllTKI/AAAAAAAACDY/F8KPgkDeu8wuzIdl4-XitVvVwRHHFm38wCLcB/s72-c/1488790454687.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/03/ngabang-com-menghadapi-musim-penghujan.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/03/ngabang-com-menghadapi-musim-penghujan.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy