Proyek Air Bersih Desa Rabak Belum Mengalir, Warga Kecewa

NGABANG,  LANDAKPOST.COM – Tokoh pemuda desa Rabak Kecamatan Sengah Temila, Yasiduhu Zaluku meminta kepada pemerintah daerah Landak dan ...



NGABANG,  LANDAKPOST.COM – Tokoh pemuda desa Rabak Kecamatan Sengah Temila, Yasiduhu Zaluku meminta kepada pemerintah daerah Landak dan DPRD Landak khususnya Dapil 2 mengecek atas pelaksanaan proyek Sistem Pengadaan Air Minum (SPAM) di Desa Rabak, Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak Tahun 2016 yang diduga ada beberapa item tidak dikerjakan.

“Proyek tersebut diduga tidak sepenuhnya dikerjakan oleh kontraktor Pelaksana PT Prakarsa Enviro Indonesia selaku pemenang tender seperti Rabat beton dari jalan poros menuju Intake dengan panjang 200 meter lebarnya hanya dikerjakan  setengah meter saja. Selain itu, lampu penerangan jalan tidak di pasang dan tanaman rumput serta tanaman hias di land scapping Intake tidak dikerjakan oleh pelaksana,” katanya yang juga di panggil Yusuf ini. Selasa (14/03/17)

Dari informasi yang didapat, pengerjaan pembangunan Spam strategis tersebut menelan dana sekitar Rp 5,6 Miliar yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2016.

Menurut Timanggong Binua Singkut, Kohanes mengatakan, pengerjaan proyek tersebut berlangsung selama 180 hari. “Kalau saya lihat itu pengerjaan dimulai sekitar bulan Mei 2016 dan selesai pada bulan November 2016.” ungkapnya.

Kohanes menjelaskan, setelah pengerjaan berakhir tetapi air tidak bisa mengalir. “Keluhan saya dan masyarakat, yang pertama air tidak jalan. Kemudian yang kedua pengerjaan tidak selasai atau tuntas, mereka main tinggal-tingalkan saja.” terangnya

Ungkapan yang sama juga disampikan oleh warga Dusun Singkut Buluh, Desa Rabak, Maturus, dimana sejak jadwal pengerjaan proyek Spam itu selesai, orang yang bekerja dan menangganinya sudah tidak ada. Tetapi menurut Maturus pengerjaannya belum semuanya tuntas.

“Waktu itu dia ada minta tanda tanggan KWH ke saya, tapi saya tidak mau kasi. Alasanya saya tidak mau kasi tanda tangan karena air belum mengalir,” ungkapnya.

Masyarakat kecewa dengan pembangunan Spam tersebut. “Kita cek lagi tau-tau pekerjanya sudah tidak berada kelokasi lagi. Kita kecewa karena air belum mengalir dan proyek terbengkalai. Kita minta pihak terkait untuk kroscek lagi, agar kami bisa menikmati air bersih,” jelasnya.

Sementara Kabid Cipta Karya Dinas PU dan Penata Ruang Landak, Jhon Elak saat dikomfirmaai mengakui bahwa pembangunan Spam di Desa Rabak memang bersumber dari dana APBN dan langsung ditanggani oleh pusat dan Provinsi. “Nanti akan saya koordinasi dengan Kabid yang lama dulu,” katanya.

Jhon mengaku, saat pengerjaan itu dirinya belum menjabat di Bidang Cipta Karya. “Ya meski itu proyek dari pusat tapi tentu ada laporan ke Kabupaten, namun saat itu saya belum masuk ke bidang ini karena masih baru. Makanya akan dikoordinasikan dulu,” jelasnya.

Selain itu pihaknya dari kabupaten  akan coba cek dan turun ke lapangan melihat kondisi yang sebenarnya.

“Mudah-mudahan nanti bisa koordinasi dengan Provinsi dan Pusat, tapi yang jelas kita akan cek dulu dengan turun ke lapangan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk langkah resmi yang akan dilakukan, kemungkinan segera menyurati Satuan Kerja (Satker) di Provinsi terhadap situasi dan kondisi di lapangan. “Kemudian kita akan berupaya bagaimana Provinsi menanggani, kami coba koordinasi dengan satkernya dulu,” jelas Jhon. (hi74)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Proyek Air Bersih Desa Rabak Belum Mengalir, Warga Kecewa
Proyek Air Bersih Desa Rabak Belum Mengalir, Warga Kecewa
https://3.bp.blogspot.com/-KKkzdqe33pU/WMiRuu3YneI/AAAAAAAACVk/fWl7sF6JQA8QlagkGXnyZ5Jb2B72jPjZACLcB/s320/IMG_20170315_075614.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-KKkzdqe33pU/WMiRuu3YneI/AAAAAAAACVk/fWl7sF6JQA8QlagkGXnyZ5Jb2B72jPjZACLcB/s72-c/IMG_20170315_075614.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/03/proyek-air-bersih-desa-rabak-belum.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/03/proyek-air-bersih-desa-rabak-belum.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy