Tatap Muka Masyarakat, Waspada Berita Penculikan

NGABANG. LANDAKPOST. COM - Polres Landak terus berusaha meyakini masyarakat supaya tidak percaya dengan adanya kabar penculikan anak. B...



NGABANG. LANDAKPOST. COM - Polres Landak terus berusaha meyakini masyarakat supaya tidak percaya dengan adanya kabar penculikan anak. Berbagai upayapun dilakukan oleh jajaran korps coklat tersebut. Salah satunya dengan melakukan tatap muka yang berlangsung Rabu (29/3) di ruang Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Polres Landak.

Tatap muka itu sendiri dihadiri Wakapolres Landak Kompol Damianus Dedi Susanto beserta sejumlah jajarannya, Muspika, para Kepala Desa (kades), tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat beserta unsur masyarakat lainnya. Tatap muka yang digelar tersebut dalam rangka sinergisitas polisional guna menanggapi berita bohong (Hoax) tentang penculikan anak di wilayah hukum Polres Landak.
Dalam arahannya, Wakapolres mengatakan, pada saat ini  timbul korban jiwa meninggal dunia satu orang di Kabupaten Mempawah gara-gara berita adanya penculik anak.

 "Kalau kita mengulas kebelakang sebenarnya penculik ini sudah lama. Hampir setiap tahun kabar ini dihembuskan yang entah darimana datangnya," ujar Dami.

Dikatakannya, apabila masyarakat menyadarinya, masyarakat sendiri merupakan bagian dari sistim itu. "Artinya, kita secara tidak merasa juga terlibat menyebarkan berita-berita Hoax. Apalagi dengan hanya mengatakan bahwa disuatu daerah ada penculik. Itu saja kita sudah terlibat dalam menyebarkan berita-berita itu. Apalagi kalau berita itu dimasukan ke media sosial. Tentu secara otomatis berita itu akan tersebar di dunia maya," katanya.


Apalagi kalau masyarakat menyampaikan kabar penculik ini secara berantai tambahnya, tentu berita itu akan menjadi viral dimasyarakat.

"Sehingga semua orang mengomongkan hal itu. Ini terjadi terus menerus. Sepertinya kasus penculik ini sering terjadi habis panen," ucapnya.

Ia meminta kepada peserta yang hadir dalam kegiatan tatap muka tersebut untuk dapat bertanggung jawab tentang situasi sosial maupun keamanan yang ada di Landak.

"Saya juga tidak mau mengada-ada apakah ini merupakan sistim  sengaja diciptakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dalam rangka mengganggu situasi dan kondisi di daerah. Sebab banyak sekali cara-cara seperti ini yang dilakukan oleh orang pintar," kata mantan Kasatlantas Polres Landak ini.


Ia mengimbau kepada masyarakat supaya tidak mudah terprovokasi dengan adanya isu berita penculik anak tersebut. "Akibat adanya berita Hoax tersebut masyarakat menjadi takut untuk beraktivitas, terutama di daerah pedalaman. Namun hingga saat ini kami di Polres Landak  menerima laporan adanya kasus anak hilang," tegasnya.

Sementara itu bendahara Dewan Adat Dayak (DAD) Landak, Cahyatanus mengatakan, terkait dengan adanya isu penculik anak tersebut sudah ada korban yang diduga sebagai penculik anak meninggal dunia dan dianiaya. "Korban yang meninggal dunia terjadi di Mempawah. Sedangkan korban penganiayaan terjadi di Landak tepatnya di Desa Senakin Kecamatan Sengah Temila," terangnya.

Diakuinya, berita adanya penculikan anak itu sudah menyebar sampai ke desa-desa pedalaman Landak. "Sehingga dari kabar tersebut membuat masyarakat tidak tenang. Oleh karena itu saya mengharapkan kepada semua yang hadir dalam tatap muka ini supaya bisa menyampaikannya lagi soal berita Hoax kasus penculikan anak kepada masyarakat disekitar lingkungannya," harap anggota DPRD Landak.

Namun demikian ia berharap kepada masyarakat untuk tetap waspada. "Galakan lagi Siskamling yang selama ini terpinggirkan. Mari kita tingkatkan kewaspadaan. Kalau ada orang yang kita curigai masuk ke lingkungan kita, jangan main hakim sendiri. Sebaiknya laporkan saja kepada aparat keamanan setempat. Jangan pula kalau sudah diamankan, jangan pula masyarakat mengeroyoknya," pinta Tanus. (hi74)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Tatap Muka Masyarakat, Waspada Berita Penculikan
Tatap Muka Masyarakat, Waspada Berita Penculikan
https://3.bp.blogspot.com/-z5Vc0vAiHYs/WNt-Xs1rMZI/AAAAAAAACvM/IuimGolwmO8UfdvAisGR6GJdUKFOxGnzgCLcB/s320/1490777261028.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-z5Vc0vAiHYs/WNt-Xs1rMZI/AAAAAAAACvM/IuimGolwmO8UfdvAisGR6GJdUKFOxGnzgCLcB/s72-c/1490777261028.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/03/tatap-muka-masyarakat-waspada-berita.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/03/tatap-muka-masyarakat-waspada-berita.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy