Akhirnya, Polisi Serahkan Warga Myanmar ke Imigrasi

NGABANG, LANDAKPOST.COM - Satu orang kewarganegaaran Myanmar yang tinggal di Dusun Kota Baru, Desa Sebirang, Kecamatan Ngabang, berhas...




NGABANG, LANDAKPOST.COM - Satu orang kewarganegaaran Myanmar yang tinggal di Dusun Kota Baru, Desa Sebirang, Kecamatan Ngabang, berhasil diamankan anggota Polsek Ngbang di rumahnya, Rabu (11/4/2017) siang, dan kemudian dibawa ke Mapolsek Ngabang untuk diinterogasi.

Dari hasil pemeriksaan anggota Polsek Ngabang, warga Myanmar yang mengaku bernama Mao Khen E (35) ini sudah tidak ada lagi memiliki identitas. Namun sudah sekitar empat tahun tinggal dan menetap di Dusun Kota Baru, kemudian menikah dengan warga setempat.

Kapolsek Ngabang Kompol Sri Haryanto menerangkan, sebelumnya yang bersangkutan adalah satu diantara Anak Buah Kapal (ABK) kapal penangkap ikan Thailand 99. Kemudian tertangkap pada tahun 2011, dan kapal tersebut diamankan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Jeruju Kota Pontianak.

"Selanjutnya 59 ABK dari 60 ABK kapal tersebut di extradisi ke Thailand. Sedangkan satu orang ABK lagi yakni yang bersangkutan tidak bersedia dipulangkan. Karena dia tidak mau pulang ke kampung halaman, dan lebih baik mengakhiri hidup di sini," ujar Kapolsek pada Rabu (12/4).

Diterangkan Kapolsek, alasan yang bersangkutan tidak mau pulang karena takut tidak diakui oleh keluarganya. "Karena menurut kepercayaan mereka, kalau sudah lama tidak pulang merantau sudah dianggap meninggal dunia. Kalau pun pulang, sudah tidak diakui lagi," terangnya.

Kemudian yang bersangkutan tinggal di sekitar TPI dan bekerja serabutan. "Pada tahun 2013, yang bersangkutan mengikuti satu diantara warga Desa Sebirang dan bekerja kebun. "Selanjutnya menikah kampung dengan saudari Ana warga setempat dan berstatus janda beranak enam," ungkap Kapolsek.

Sedangkan dari perkawinan yang bersangkutan dengan Ana belum memiliki anak, tapi masih dalam kondisi istri hamil empat bulan. "Menurut keterangan warga setempat, yang bersangkutan berperangai temperamen dan mudah emosi," beber Kapolsek.

Karena sering berlaku kasar, sehingga membuat resah warga Dusun Kota Baru Desa Sebirang. "Setelah dilaksanakan koordinasi dengan pihak keluarga, akhirnya keluarga merelakan untuk proses penyerahan ke Kantor Imigrasi di Pontianak," tambah Kapolsek.

Kapolres Landak AKBP Wawan Kristyanto menegaskan bawah warga Myanmar tersebut langsung diantar dan diserahkan ke Kantor Imigrasi di Pontianak. "Nanti akan di deportasi, karena yang bersangkutan tidak memiliki identitas dan bisa dikatkan ilegal," tegas Kapolres.

Maka setelah diserahkan ke Kantor Imigrasi di Pontianak, selanjutnya akan diproses oleh pihak imigrasi. "Kita awalnya hanya mengamankan yang bersangkutan saja, setelah kita antar nanti tinggal Imigrasi yang memutuskan. Untuk sementara ini hanya dia saja warga asing yang ilegal di Landak," pungkasnya.


Istri Warga Myanmar Sempat Pingsan

Ana, istri dari warga Kebangsaan Myanmar Mao Khen E sempat hadir menjengguk sang suami di Mapolsek Ngabang sehari setelah diamanakan. Ana  sempat pingsan, karena tidak rela jika suaminya harus dibawa ke Pontianak.

Selain itu, Mao Khen E juga sempat meneteskan air mata sebelum dirinya dibawa ke Kantor Imigrasi di Pontianak. "Kalau bisa dia tetap di sini, biar bisa mengurus anak tirinya dan anak yang sedang saya kandung," ujar Ana dengan lirih sesusai tersadar dari pingsan.

Namun setelah Sekdes Sebirang, Rinto yang ikut menenangkan akhirnya Ana bisa ikhlas agar suaminya dibawa ke Pontianak.
"Kita tidak bisa penuhi permintaan istrinya, karena secara hukum yang bersangkutan adalah ilegal. Nanti tinggal keputusan dari Imigrasi saja," jelas Kapolsek. (PT)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Akhirnya, Polisi Serahkan Warga Myanmar ke Imigrasi
Akhirnya, Polisi Serahkan Warga Myanmar ke Imigrasi
https://3.bp.blogspot.com/-GbqY741PMWc/WO7JBvJDPzI/AAAAAAAADSo/zPmeH-qEGdw1JZrm26M3Zedf6Q8H5JtLgCLcB/s320/kompol-sri-haryanto_20170412_200743.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-GbqY741PMWc/WO7JBvJDPzI/AAAAAAAADSo/zPmeH-qEGdw1JZrm26M3Zedf6Q8H5JtLgCLcB/s72-c/kompol-sri-haryanto_20170412_200743.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/04/akhirnya-polisi-serahkan-warga-myanmar.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/04/akhirnya-polisi-serahkan-warga-myanmar.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy