Bengkayang Tuan Rumah Kongres Internasional Kebudayaan Dayak

NGABANG, LANDAKPOST.COM - Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat akan menjadi tempat momentum bersejarah lantaran pada 3-6 Juni 2017 men...


NGABANG, LANDAKPOST.COM - Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat akan menjadi tempat momentum bersejarah lantaran pada 3-6 Juni 2017 mendatang menjadi tuan rumah kongres internasional pertama Kebudayaan Dayak.

"Kita bersyukur pada Juni mendatang, Kalbar khususnya Kabupaten Bengkayang menjadi tuan rumah kongres perdana Kebudayaan Dayak. Pergelaran akbar tersebut tentu menjadi momen bersejarah bagi masyarakat Dayak," ujar Ketua Panitia, Bambang Bider saat menggelar konferensi pers di Pontianak, Sabtu.

Bambang menjelaskan secara umum kegiatan tersebut dalam rangka membahas sejumlah persoalan, perkembangan dan apa yang akan dipersiapkan dan dilakukan masyarakat Dayak ke depannya.

"Dalam kongres yang dilaksanakan di Kantor Bupati Bengkayang tersebut kita menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Ada tiga topik besar yang dibahas dalam kongres tersebut seperti Dayak masa lalu, kini dan masa depan," kata dia.

Ia merincikan untuk subtema yang akan dibahas secara detail dari 60 pembawa makalah dari narasumber baik lokal maupun luar yakni dari kalangan akademis, praktis, politikus dari Suku Dayak.

"Dari 60 makalah yang disampaikan narasumber baik dari kajian, penelitian dan buku itu seputar krisis agama asli, identitas etnik, hukum adat, ekonomi, sosial budaya dan topik - topik lainnya," kata dia.

Sementara itu, SC Kongres, Masri Sareb Putra mengatakan dalam kongres tersebut akan dihadiri sekitar 300 peserta dari berbagai daerah seperti dari utusan provinsi yang ada di Kalimantan, Brunei, Malaysia, Belanda dan pihak-pihak lainnya.

"Untuk pembicara utama dalam pembukaan yakni Dirjen Kebudayaan RI. Sementara untuk yang membuka kegiatan itu oleh Bupati Bengkayang," kata dia.

Masri mengatakan melalui ajang tersebut juga untuk menunjukan bahwa Suku Dayak saat ini sudah setara dengan suku-suku lainnya di manapun. Hal itu dibuktikan dengan tingkat pendidikan, ekonomi dan lainnya tidak kalah dengan suku lainnya.

"Kita ingin mengabarkan ke dunia bahwa saat ini Dayak juga sudah maju. Stigma yang mengatakan tertinggal saat ini sudah selamat tinggal. Politisi, pejabat, profesor, pengusaha dan lainnya dayak sudah miliki. Dayak sudah hebat," kata dia. (Ant)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Bengkayang Tuan Rumah Kongres Internasional Kebudayaan Dayak
Bengkayang Tuan Rumah Kongres Internasional Kebudayaan Dayak
https://4.bp.blogspot.com/-hhQSxNeXs7I/WOBrHwhlevI/AAAAAAAAC2w/g7ztlViLDgQF7CaWdRXOlYBzfU1vRQu0QCLcB/s320/tikar-bidai-jagoi-babang-%2B%25281%2529.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-hhQSxNeXs7I/WOBrHwhlevI/AAAAAAAAC2w/g7ztlViLDgQF7CaWdRXOlYBzfU1vRQu0QCLcB/s72-c/tikar-bidai-jagoi-babang-%2B%25281%2529.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/04/bengkayang-tuan-rumah-kongres.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/04/bengkayang-tuan-rumah-kongres.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy