Makna Hari Kartini Bagi Wanita di Kabupaten Landak

NGABANG, LANDAKPOST. COM - Hari ini adalah hari Kartini.  Ya... setiap tanggal 21 April,  kita selalu memperingati hari kelahiran...







NGABANG, LANDAKPOST. COM - Hari ini adalah hari Kartini.  Ya... setiap tanggal 21 April,  kita selalu memperingati hari kelahiran Raden Ayu Kartini atau atau sering kita menyebutnya RA Kartini.

Lalu sejauh mana makna hari kelahiran pahlawan khususnya bagi kaum hawa di Indonesia ini.  Khususnya bagi perempuan di Kabupaten Landak.

Hari ini www.landakpost.com akan mengupas makna hari Kartini dari berbagai sudut pandang  perempuan dari berbagai latar belajang profesinya.


Foto Koleksi Pribadi

1. Hj.  Elfia Gunawan,  SE,  Istri Pimpinan Bank Kalbar Cabang Ngabang

Hj. Elfia Gunawan memaknai hari RA. Kartini  sebagai momentum untuk selalu mengisi pembangunan. Terlebih emansipasi wanita untuk tidak kalah dengan pria.  Sudah sepantasnya untuk mengisi pembangunan bagi bangsa dan negara.

"Selamat hari Kartini .......semoga  semangat Kartini  bisa menjadi contoh teladan untuk seluruh wanita-wanita Indonesia khususnya wanita-wanita di Kabupaten Landak, " kata wanita murah senyum ini.

Sehingga semakin giat belajar untuk menjadi wanita yang berpendidikan dan berusaha dengan prinsip kerja keras, kerja cerdas serta kerja ikhlas guna mendukung Kabupaten Landak lebih maju dan terus berkembang untuk memakmurkan rakyatnya.

Foto Koleksi Pribadi

2. Emilia Lily,  Wiraswasta Ngabang

Makna Kartini bagi saya pribadi  adalah dimana sebagai wanita kita mampu mandiri dalam kerjaan dan dapat mengembangkan usaha yang ditekuni tanpa rasa mengeluh.

“Tetap mengucap syukur apapun yang kita kerjakan. Biar kita medapatkan hasil yang lebih maksimal laig tanpa meninggalkan tanggung jawab sebagai istri  dan ibu yang baik bagi keluarga,”  kata ibu pendiam ini.

Makna Kartini bagi perempuan  Indonesia, lanjut cece Lily, adalah Wanita yang bisa memberi motivasi  bagi sesama Wanita yang mampu mandiri dan berani dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta berani melawan kebohongan tehadap sesama.

“Wanita mepunyai bayak ide dan cerdas. Kemudian   Wanita yang bisa mebawa nama baik Indonesia di kancah dunia. Wanita yang mampu mengendalikan diri dan yang bisa memberikan teladan bagi keluarga dan sesama, “imbuhnya.

Foto Koleksi Pribadi

3. Erna Yatiningsih, S. Pd,  M. Pd, Dosen STKIP Pamane Talino Ngabang

Era keterbuaan dan kebesan. Kadang jati diri seorang perempuan sudah melampaui batas kodrati dan jati diri sorang perempuan.

"Saya berharap dengan kesuksesan dan keberhasilan seorang perempuan jangan sampai melupakan jati dirinya dan kodrat esensial seorang perempuan yg notabene punya tanggung jawab terhadap lahir dan terbentuknya generasi penerus bangsa," kata dosen Penjaskesrek ini.

Olahragawan Judo ini menilai, perempuaan tetap menjaga kodratinya insya allah pembentukan generasi penerus bangsa dan tidak akan melupakan hakekatnya.

"Perempuan-perempuan sehebat apapun dia tetap seorang ibu bagi terbentuknya karakter generasi penerus bagsa yang bermartabat dan beriman. Amin..amin selamat hari Kartini dan masih banyak calon-calon dan penerus Kartini yang lebih modern, bermartabat, beriman dan tidak melupakan kodrat sebagai seorang perempuan, " pesan ibu ramah ini.

Foto Koleksi Pribadi

4. Reni Yuliati, S. Hut  Anggota KPU Landak

Makna Hari Kartini tentunya Semangat Emansipasi yang memberikan Ruang Bagi Wanita untuk Berkembang dan Berkarya Di berbagai Aspek. Wanita di perjuangkan Hak-hak  nya Setara dengan Pria walaupun tidak melupakan Kodrat nya sebagai Wanita.

“Wanita menjadi Pribadi yang lebih Mandiri dan Berani Berekspresi dalam berbagai Hal dan tentu nya tetap menjadi Diri Sendiri dengan Keunikannya,” kata ibu dua anak ini.

Foto Koleksi Pribadi

5. Wiwin Susilawati,S.Sos, Guru MAN Ngabang

Setiap bulan April ini ada peringatan hari bersejarah bagi bangsa pada umumnya serta kaum wanita pada khususnya yaitu peringatan Hari Ibu Kartini. Peringatan hari bersejarah ini biasanya identik dengan penggunaan kain / baju kebaya bagi para ibu.

Salon kecantikan banyak kebanjiran para ibu-ibu atau para remaja  dan anak sekolah yang akan mengikuti peringatan hari Kartini.

“Namun apakah memperingati hari bersejarah pejuang emansipasi wanita ini cuma cukup dengan berkain kebaya ? Kiranya sangatlah tidak cukup dengan kegiatan seremonial saja. Tidak hanya kaum perempuan saja, bangsa Indonesia sudah saatnya melakukan introspeksi terhadap peran kaum wanita dalam kehidupan berbagsa dan bernegara,” kata ibu dua anak ini.

Kita perlu bertanya kepada diri kita sendiri. Bagi kaum pria, sudah sejauh manakah kita memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada kaum wanita untuk ikut serta dalam kehidupan bermasyarakat dengan tidak ada rasa keraguan akan kemampuan karena perbedaan gender tersebut.

Bagi kaum wanita perlu bertanya kepada diri sendiri,  sudah sejauh manakah peran sertanya dalam kehiduan berbangsa  dan bernegara ini. Apakah sudah maksimal dan bermakna.

Pertanyaan evaluasi diri tersebut juga perlu dilakukan oleh pemerintah , birokrasi, lembaga kenegaraan, lembaga kemasyarakatan, partai politik dan lain-lain dalam memaknai kiprah wanita Indonesia sehingga diharapkan semangat perjuangan Ibu Kartini tidak hanya sebatas menggunakan kain kebaya saja. Selamat Hari Kartin.


Foto Koleksi Pribadi

6. Mala Yati, Wiraswasta Ngabang

Makna Hari Kartini adalah Terbuka nya peluang bgi kaum wanita utk bekerja diluar rmh. Semngat Kartini dalam membela hak-hak kaum perempuan patut diteladani, kegigihan dan usaha Kartini menjebol tembok feodalisme kaum ningrat Jawa, dlm memperjuangkan kesetaraan gender, patut menjadi inspirasi bagi kaum wanita masa kini.

“Dijadikan penyemangat untuk terus memperjuangkan adanya kesetaraan gender didampingi kehidupan bermasyarakat di negeri ini di semua sektor termasuk didalam nya didunia perpolitikan,” kata Mala Yati.

Saat ini peran politik kaum wanita masih sangat kurang. Hambatan utama disebabkan oleh cara pandang dan memperlakukan perempuan yang salah. Karna label dan cap yang diberikan pada sosok perempuan sangat kental sebagai orang yang lemah, tidak bermanfaat dan terbelenggu.

“Wanita dianggap tidak mempunyai kemampuan utk mengambil suatu kebijakan. Hal seperti ini lh yg hrs terus di perjuangkn supaya ke depan tidak ada lagi yang memandang sebelah mata kepada wanita-wanita yang berkecimpung didunia politik. Selamat Hari Kartini, jadilah terang dan garam.. Wanita BISA..!!,” tegasnya.

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Makna Hari Kartini Bagi Wanita di Kabupaten Landak
Makna Hari Kartini Bagi Wanita di Kabupaten Landak
https://3.bp.blogspot.com/-hFXm3gN2p9w/WPneQaRYklI/AAAAAAAAD0E/Jy8jE2ezuGEhPujdU3M-lOjXaZooZFeFQCLcB/s320/20170421172421.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-hFXm3gN2p9w/WPneQaRYklI/AAAAAAAAD0E/Jy8jE2ezuGEhPujdU3M-lOjXaZooZFeFQCLcB/s72-c/20170421172421.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/04/makna-hari-kartini-bagi-perempuan-di.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/04/makna-hari-kartini-bagi-perempuan-di.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy