Cornelis : Pencegahan Korupsi Dengan Penguatan Diri

PONTIANAK, LANDAKPOST.COM -  Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengatakan upaya pencegahan korupsi pada berbagai bidang kehidupan masy...


PONTIANAK, LANDAKPOST.COM -  Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengatakan upaya pencegahan korupsi pada berbagai bidang kehidupan masyarakat dapat dilakukan dengan penguatan diri melalui revolusi mental.

"Makanya, apa yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo terkait revolusi mental, harus didukung penuh oleh masyarakat, karena untuk mencegah korupsi itu kembali lagi kepada diri manusia itu sendiri," kata Cornelis saat menghadiri Seminar Nasional yang digelar IPDN di Pontianak, Selasa.

Dikatakannya, permasalahan kesehatan dan pendidikan menjadi persoalan yang strategis dan menjadi tanggung jawab negara, demikian pemerintah daerah. Untuk itu, kita harus bisa menanggulangi masalah kemiskinan, kesehatan yang berhubungan dengan tindak pidana korupsi.

"Sebenarnya, masalah itu tergantung pada diri kita sendiri, karena secanggih apapun sistem dan seketat apapun hukum yang dibuat, jika manusianya tidak memiliki rasa takut dengan Tuhan dan tidak memikirkan kepentingan orang lain, maka manusia itu gampang saja melakukan tindak pidana korupsi," tuturnya.

Namun, katanya, berbeda jika diri kita takut kepada Tuhan dan memiliki rasa kebersamaan, tentu bisa mengendalikan diri dari yang namanya korupsi.

"Saya sendiri sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh KPK selama ini yang mampu mengungkap berbagai kasus korupsi seperti pengadaan E-KTP yang sudah menggurita. Padahal KTP ini memiliki urgensi bagi masyarakat," katanya.

Cornelis memaparkan, pencegahan korupsi bisa dilakukan melalui perencanaan pembangunan yang sesuai dengan mekanisme UU yang berlaku. Dari rencana sampai pengorganisasian sehingga bisa dilaksanakan dengan baik.

"Yang tidak kalah pentingnya adalah pengawasan yang dilakukan oleh semua pihak. Karena organisasi tanpa pengawasan internal, jelas sama saja bohong. Jadi Inspektorat itu tetap dibawah kepala daerah sebagai pengawasan internal," kata Cornelis.

Pada kesempatan itu juga, dia mengkritisi bahwa peraturan dan perundang-undangan di negara berkembang termasuk Indonesia dirasakan terlalu banyak. Hal ini membuat setiap aparatur sipil negara dituntut harus siap.

"Banyaknya aturan ini membuat birokrasi kita susah bekerja. Ini juga perlu regulasi penting dalam penyelenggara pemerintahan, termasuk mencegah tindak pidana Korupsi," katanya. (Ant)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Cornelis : Pencegahan Korupsi Dengan Penguatan Diri
Cornelis : Pencegahan Korupsi Dengan Penguatan Diri
https://3.bp.blogspot.com/-8oo7tmpdFRA/WOOBmmsvcaI/AAAAAAAAC9g/S8AeLX4T_VIy0qxY4GvEazQlmA_Vx1I_gCLcB/s1600/2.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-8oo7tmpdFRA/WOOBmmsvcaI/AAAAAAAAC9g/S8AeLX4T_VIy0qxY4GvEazQlmA_Vx1I_gCLcB/s72-c/2.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/04/pontianak-landakpost.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/04/pontianak-landakpost.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy