Sampoerna Agro Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kalbar

DARIT, LANDAKPOST.COM -  Sampoerna Agro bersama dengan Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach (PSF-SDO), se...







DARIT, LANDAKPOST.COM -  Sampoerna Agro bersama dengan Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach (PSF-SDO), serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat hari ini melakukan pembukaan Program Lighthouse School di sekolah SMAN 1 Menyuke, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kegitan ini dihadiri  Cipto Basuki, selaku Head Area Pengembangan Sampoerna Agro, DR. Alexius Akim , MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Gusman Yahya, Head of Putera Sampoerna Foundation - School Development Outreach, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak Aspansius, S.IP, MM, Muspika Kecamatan Menyuke dan guru serta undangan lainnya. Program ini di buka secara langsung Ir. Jakius Sinyor, Pj. Bupati Landak.

Penjabat Bupati Kabupaten Landak, Jakius Sinyor mengatakan, dari 156 desa yang ada di Landak, sebanyak 89 desa dinyatakan tertinggal. Ketertinggalan tersebut dilatar belakangi soal pendidikan disamping masalah kesehatan dan ekonomi rakyat. 

Foto Bersama: Cipto Basuki, selaku Head Area Pengembangan Sampoerna Agro, Alexius Akim Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Pj. Bupati Landak Jakius Sinyor, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Landak Aspansius, Gusman Yahya, Head of PuteraSampoerna Foundation - School Development Outreach, Muspika Kecamatan Menyuke dan guru serta undangan lainnya. 


Menurut Jakius, masalah pendidikan di Landak tentu perlu ada penyegaran. Demikian juga dengan mutu pendidikannya. "Kalau kita tidak punya pendidikan, tentu kita tidak bisa mencapai cita-cita yang diingini. Oleh karena itu, pendidikan memang sangat penting," ingat Jakius saat membuka program lighthouse school di SMAN 1 Menyuke, Selasa (25/4). 

Dikatakannya, dengan kualitas pendidikan yang bermutu, generasi penerus akan mampu bersaing. "Sebab saya yakin, siapapun bupati Landak, pendidikan memang sangat penting dan diutamakan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kalbar ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalbar, Alexius Akim menegaskan, pendidikan akan bermakna apabila bermutu. "Kalau pendidikan tidak bermutu, tentu banyak sekolah akan tutup," tegasnya. 

Pukul Gong: Pj. Bupati Landak Jakius Sinyor memukul gong 

Ia melihat, untuk saat ini sebagian masyarakat melihat gejolak sekolah yang bermutu dan sekolah yang tidak bermutu. Tapi, banyak juga sekolah yang biasa-biasa saja. "Namun saya lihat sekolah yang bermutu agak sedikit. Tapi  yang tidak bermutu banyak," ungkapnya.

Akim menjelaskan, ada lima hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu. "Kelimanya yakni, meningkatkan ketersediaan layanan pendidikan, keterjangkauan layanan pendidikan, kualitas pendidikan, kesetaraan layanan pendidikan dan kepastian layanan pendidikan," jelasnya.

Ia menegaskan, masalah pendidikan tidak hanya ditangani oleh pemerintah saja. "Pihak swastapun mempunyai peran yang sama melalui program CSR nya," ucap Akim.

Penyerahan Bendera: Kepala SMAN 1 Menyuke Mattheus Budi Santoso menerima bendera. 

Sementara itu Cipto Basuki, Head Area Pengembangan Sampoerna Agro mengatakan program Lighthouse School merupakan program intensif peningkatan kualitas sekolah yang dirancang oleh PSF-SDO, untukdikembangkanbersama-samadengan donor, yaitu organisasi yang berkomitmenuntukmelakukancommunity development di sekitarwilayahoperasionalnya, khususnyadi bidangpendidikan.

Program ini ditujukan untuk membangun sekolah berkualitas yang mampu menjadi rujukan bagi sekolah maupun komunitas sekitar. Berbagai aktivitas berkelanjutan akan dilakukan selama 3 tahun untuk mengembangkan sekolah, meliputi pelatihan, coaching dan mentoring guru dan manajemen sekolah, serta pembinaan terhadap siswa dan komunitas sekolah.

“Melalui Program Lighthouse School, Sampoerna Agro berupaya untuk mewujudkan sekolah berkualitas dengan sistem manajemen sekolah yang akuntabel serta guru-guru berkualitas. Saat ini, sekolah berkualitas lebih banyak ditemui di kota besar, sehingga tidak mudah untuk dijadikan acuan bagi sekolah lainnya yang berada jauh di daerah. Oleh karena itu, Sampoerna Agro bekerja sama dengan PSF-SDO, tergerak untuk mendukung upaya pemerintah provinsi meningkatkan kualitas sekolah di Kabupaten Landak, sehingga di masa datang akan tercipta lebih banyak putera daerah berprestasi yang membanggakan di daerah Kalimantan Barat,” kata Cipto Basuki.

Kepsek: Kepala SMAN 1 Menyuke Mattheus Budi Santoso 

Sebelumnya, proses seleksi atas sekolah tujuan telah dilakukan oleh Sampoerna Agro dan PSF-SDO bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dengan kriteria sebagai berikut (1) SMA 1 Menyuke  merupakan salah satu sekolah yang berada di dalam area operasi Sampoerna Agro (2) Komitmen dari pemerintah pusat dan kepala sekolah selama dan sesudah program (3) Akreditasi minimal C (4) Jumlah guru yang memadai, memiliki laboratorium dan memiliki akses internet. Seleksi tersebut menunjuk SMAN 1 Menyuke sebagai penerima Program Lighthouse School.

Keunikan Program Lighthouse School terletak pada penekanan pendekatan pengajaran berbasis Science, Technology, Engineering dan Math (STEM) - sebuah pendekatan pembelajaran yang tengah berkembang luas di seluruhduniasaatini, serta praktik aktif berbahasa Inggris.

Melalui pendekatan ini, para peserta program didukung untuk menerapkan pembelajaran efektif dan pengalaman pembelajaran internasional.

Selain itu, kegiatan pemberdayaan juga akan menyasar para guru dan kepala sekolah, guna mendorong tercapainya pengembangan profesional guru, peningkatan kualitas manajemen sekolah, peningkatan kapasitas siswadi SMAN 1 Menyuke.

Masih ditempat yang sama, Gusman Yahya, Head of PSF-SDO mengatakan, program Lighthouse School dibentuk untuk membantu menjawab tantangan yang dihadapi dunia pendidikan Indonesia saat ini yaitu masih rendahnya angka pencapaian sekolah dalam memenuhi standar nasional, serta kompetensi guru yang masih perlu ditingkatkan. 

“Program yang kami jalankan ini, akan membantu sekolah dalam menyempurnakan sistem manajemen dan operasional, meningkatkan kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia di dalamnya, termasuk para tenaga pengajar. Pada akhirnya, hal ini akan berdampak pada kualitas sekolah yang menjadi lebih baik,” kata Gusman Yahya.

Program Lighthouse School yang diterapkan di SMAN 1 Menyuke akan berlangsung hingga tahun 2019 mendatang.

Di akhir periode program, SMAN 1 Menyuke diharapkan dapat menjadi sebuah“Lighthouse School” di wilayah Kabupaten Landak, yaitu sekolah model yang efektif menciptakan lulusan berkarakter dan berkompetensi tinggi, memiliki keunggulan akademis, khususnya dibidang STEM dan Bahasa Inggris melalui penerapan pembelajaran efektif dan pengalaman pembelajaran internasional, serta pemberdayaan para guru dan kepala sekolah untuk menjadi role model bagi para pendidik lainnya.

Kepala SMAN 1 Menyuke Mattheus Budi Santoso menyatakan bersyukur atas program yang di dapat dari Sampoerna Agro dan Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach (PSF-SDO).  “Mau tidak mau kami harus siap  selama tiga tahun lamanya,” kata  Mattheus Budi Santoso.

Paling tidak, akan bertambah ilmu yang didapat guru-guru dan akan  ditransperkan kepada anak didik di SMAN 1 Menyuke. “saya berharap tiga tahun kedepan ilmu anak didik kami akan bertambah, sehingga program ini berhasil,” tegas Mattheus Budi Santoso.

Sekilas Tentang Sampoerna Agro

PT Sampoerna Agro Tbk, bersama lima anak usahanya yang berlokasi di Kabupaten Landak, merupakan salah satu perusahaan agribisnis yang terkemuka di Indonesia.

Hingga akhir 2016, luas lahan tertanam perusahaan, yang terdiri dari kebun kelapa sawit, sagu dan karet, mencapai 163.906hektar. Sampoerna Agro dicatatkan dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dengan kode SGRO.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi laman resmi perusahaan http://www.sampoernaagro.com/


Sekilas tentang Putera Sampoerna Foundation - School Development Outreach (PSF-SDO)

School Development Outreach merupakan penyedia layanan pengembangan pendidikan dari Putera Sampoerna Foundation yang berdedikasi meningkatkan mutu sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia agar dapat bersaing secara global.

PSF-SDO menjalankan serangkaian program komprehensif dan berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, membangun karakter siswa, mendukung pengelolaan sekolah yang bertanggung jawab, serta mengembangkan komunitas sekolah yang pro aktif.

Didukung oleh tenaga profesional berpengalaman di bidang pendidikan, PSF-SDO mengembangkan serangkaian inisiatif  untuk menjawab tantangan pendidikan di Indonesia, diantaranya:  Pengembangan Sekolahbermutu melalui Lighthouse School Program dan Peningkatan Kualitas Pendidik melalui Program Pengembangan Pusat Belajar Guru (Teachers Learning Centre).

PSF-SDO telah menyediakan pelatihan ekstensif ke lebih dari 22,000 tenaga pengajar, kepala sekolah, pengawas dan pengelola sekolah. Melibatkan diri dalam peningkatan kualitas pendidikan di 568 sekolah dan 25 madrasah, serta membangun 6 pusat belajar guru di berbagai lokasi di Indonesia  Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi www.psfoutreach.com. (hi74/r)

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Sampoerna Agro Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kalbar
Sampoerna Agro Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan di Kalbar
https://1.bp.blogspot.com/-MVm5bTtuv3Y/WP8qLxu08wI/AAAAAAAAD8Y/qJKgrrCJRqwf1Cl4ScHrdzLFEj7UiiH-wCLcB/s320/01.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MVm5bTtuv3Y/WP8qLxu08wI/AAAAAAAAD8Y/qJKgrrCJRqwf1Cl4ScHrdzLFEj7UiiH-wCLcB/s72-c/01.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/04/sampoerna-agro-dorong-peningkatan.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/04/sampoerna-agro-dorong-peningkatan.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy