Kedepankan Dialog Dalam Selesaikan Masalah Buruh

NGABANG, LANDAKPOST.COM - Memperingati hari buruh Internasional, para buruh di Kabupaten Landak mengusung tema, hari buruh hari sosial d...



NGABANG, LANDAKPOST.COM - Memperingati hari buruh Internasional, para buruh di Kabupaten Landak mengusung tema, hari buruh hari sosial dialog. Tema itu dianggap cocok untuk diangkat dalam peringatan May Day tahun 2017 di Landak.

Menurut Ketua FSB-KSBSI Kamiparho Landak, Yasiduhu Zalukhu mengatakan, sosial dialog memang masih sangat diharapkan oleh para buruh di Landak untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi para buruh.

“Oleh karena itu, melalui moment peringatan hari buruh Internasional di Landak, kita mengkampanyekan sosial dialog tersebut,” ujar Yasiduhu ditemui usai mengikuti gerak jalan santai peringatan May Day di Kantor Bupati Landak, Jumat (5/5).

Dikatakannya, salah satu penyelesaian hubungan industrial, yang dinilai paling bagus dan tepat yakni dengan sosial dialog tersebut.

“Kita berharap antara buruh, pengusaha dan pemerintah harus sering melakukan sosial dialog untuk menyelesaikan segala persoalan di lapangan tentang hubungan industrial,” harapnya.

Diakuinya, selama ini penyelesaian masalah dengan sosial dialog sangat jauh dilakukan. Keterbukaan antara tripartit sangat jauh.

“Kita harapkan ke depannya, tripartit benar-benar dibangun dan duduk bersama dalam situasi sosial dialog. Dengan demikian, hal-hal yang berhubungan dengan industrial tidak harus dengan melakukan aksi dan sebagainya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, para buruh di Landak tetap mengedepankan sosial dialog untuk menyelesaikan suatu masalah.

“Namun kalau jalan sosial dialog yang dilakukan itu buntu dan sosial dialog sudah tidak diberikan kepada kami atau perusahaan menutup diri dengan tidak berani memberikan kepastian tentang hubungan industrial tenaga kerja, maka kami akan lakukan aksi,” tegasnya.

Dirinya berharap, ke depannya perusahaan bisa memperhatikan kesejahteraan para kaum buruh. Para buruh harus diikutkan dalam program BPJS.

“Selain itu, saat ini upah yang diterima sebagian buruh bervariasi. Sebab itu menyangkut status hubungan kerja. Kalau karyawan harian tetap mungkin gajinya full. Tetapi bagi Buruh Harian Lepas (BHL) ada yang kerja hanya delapan hari dalam sebulan, gaji yang diterima baru sekitar Rp500 ribu,” bebernya.

Ia menyampaikan harapan para BHL yang menginginkan supaya Harian Kerja (HK) mereka ditingkatkan.

“Dengan demikian, penghasilan mereka bisa meningkat. Demikian juga dengan masalah jaminan sosial yang sudah berapa kali kita suarakan. Ingat, buruh yang ada di Landak, 70 persen merupakan BHL. Saya berharap dengan sosial dialog yang dilakukan antara perusahaan dan pemerintah, semua keluhan buruh bisa terakomodir ke depannya,” pintanya.

Korwil KSBSI Kalbar, Suherman mengaku jika buruh sudah malas melakukan aksi untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mereka.

“Kita tetap menempuh jalan sosial dialog. Kalau memang perusahaan atau pemerintahnya sendiri tidak berpihak kepada buruh, senjata kita yakni melakukan aksi dan mogok kerja,” tegasnya. (hi74)


   


COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: Kedepankan Dialog Dalam Selesaikan Masalah Buruh
Kedepankan Dialog Dalam Selesaikan Masalah Buruh
https://4.bp.blogspot.com/-xNqUfxTsJ-Q/WQ0mu-ueb6I/AAAAAAAAETM/ywEGmD3zX9Yz8F2txzHKyJmXDkkB6cCTACLcB/s320/IMG20170505093852.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-xNqUfxTsJ-Q/WQ0mu-ueb6I/AAAAAAAAETM/ywEGmD3zX9Yz8F2txzHKyJmXDkkB6cCTACLcB/s72-c/IMG20170505093852.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/05/kedepankan-dialog-dalam-selesaikan.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/05/kedepankan-dialog-dalam-selesaikan.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy