72 Tahun Merdeka, Serangan Jantung dan Stroke Masih Menjajah

Kesehatan (LANDAK Post) - Merdeka! Itulah kata yang pantas diucapkan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-72. Saya...


Kesehatan (LANDAK Post) - Merdeka! Itulah kata yang pantas diucapkan untuk merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-72. Sayangnya, meski sudah terbebas dari penjajah, perjuangan Indonesia masih belum usai. Dalam hal kesehatan, Indonesia masih ‘dijajah’ penyakit jantung koroner dan stroke.

Serangan jantung dan stroke menduduki dua peringkat teratas penyebab kematian di dunia. Di Indonesia, stroke dan penyakit jantung juga menduduki peringkat teratas penyebab kematian menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Indonesia.

Stroke dan penyakit jantung koroner, uniknya, ternyata memiliki faktor risiko yang sama. Orang yang terkena stroke berisiko tinggi terkena serangan jantung. Demikian pula sebaliknya, orang yang sudah terkena serangan jantung berisiko nantinya juga terserang stroke.

Hal itu karena stroke dan serangan jantung sama-sama terjadi akibat terbentuknya plak asterosklerosis, akibat kadar kolesterol tinggi. Parahnya, kematian mendadak akibat kondisi ini dapat terjadi tanpa gejala atau keluhan bermakna sebelumnya.

Stroke

Stroke merupakan suatu kondisi saat aliran darah ke otak berkurang secara mendadak. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya sumbatan di pembuluh darah otak (stroke iskemik), atau pecahnya pembuluh darah di otak (stroke hemorrhagik).

Salah satu mekanisme penyebabnya juga didasari proses aterosklerosis, namun pada pembuluh darah yang mengalir ke otak. Faktor utama penyebab stroke yang dapat dicegah sebenarnya sama dengan penyakit jantung koroner.

Kondisi-kondisi yang biasanya dialami seorang penderita stroke, di antaranya:


  1. Kelemahan pada wajah, tangan, atau kaki pada satu sisi tubuh
  2. Sakit kepala tak tertahankan secara tiba-tiba
  3. Kehilangan penglihatan, koordinasi tubuh, dan sensasi secara tiba-tiba
  4. Hilang kesadaran
  5. Mual dan muntah
  6. Bagaimana mencegah penyakit jantung dan stroke? Dengan cara mencegah faktor utama penyebab penyakit mematikan tersebut.


Faktor utama penyebab serangan jantung dan stroke yang dapat dicegah antara lain diabetes mellitus (penyakit gula atau kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), kebiasaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi.

Selain itu, pastikan Anda menjaga proporsi berat badan tetap ideal dengan rutin berolahraga. Anda yang sibuk juga harus tetap berusaha menemukan cara agar bisa olahraga dan gerak badan secara rutin.

Kontrol tekanan darah agar tetap optimal. Berhentilah merokok atau konsumsi minuman beralkohol. Budaya atau kebiasaan hidup sehat seharusnya menjadi budaya bangsa. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati?

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner adalah keadaan berkurangnya aliran pembuluh darah ke otot jantung. Hal ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah koroner akibat proses asterosklerosis.

Asterosklerosis itu sendiri merupakan plak yang terbentuk pada pembuluh darah koroner akibat penumpukan kolesterol jahat (LDL).
Pada suatu waktu, plak ini dapat menyebabkan sumbatan mendadak pada pembuluh darah koroner. Aterosklerosis inilah yang menjadi awal mekanisme serangan jantung yang menyebabkan kematian mendadak.

Saat terjadi serangan jantung, penderita umumnya mengeluhkan nyeri dada yang hebat, kadang menjalar ke lengan kiri disertai keringat dingin. Penderita juga dapat merasakan sesak napas, nyeri ulu hati, berdebar-debar atau pingsan.

Jangan biarkan stroke dan penyakit jantung terus menjajah Indonesia secara diam-diam. Ayo bertindak dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih aktif dan sehat. MERDEKA!!(KD)


Sumber: klikdokter.com

COMMENTS

Name

Budaya,4,Ekonomi,3,Headline,15,Hukum,28,internasional,34,Kalbar,264,Kesehatan,10,Landak,268,Nasional,53,Olah Raga,25,Pendidikan,2,Politik,61,
ltr
item
LANDAK Post: 72 Tahun Merdeka, Serangan Jantung dan Stroke Masih Menjajah
72 Tahun Merdeka, Serangan Jantung dan Stroke Masih Menjajah
https://1.bp.blogspot.com/-QeKiUxiBRaw/WehHotHx8xI/AAAAAAAADH0/J_0DmzA2DpweRULqJFwhfWmW1BHxHihwgCLcBGAs/s1600/72%2BTahun%2BMerdeka%252C%2BSerangan%2BJantung%2Bdan%2BStroke%2BMasih%2BMenjajah.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-QeKiUxiBRaw/WehHotHx8xI/AAAAAAAADH0/J_0DmzA2DpweRULqJFwhfWmW1BHxHihwgCLcBGAs/s72-c/72%2BTahun%2BMerdeka%252C%2BSerangan%2BJantung%2Bdan%2BStroke%2BMasih%2BMenjajah.jpg
LANDAK Post
http://www.landakpost.com/2017/10/72-tahun-merdeka-serangan-jantung-dan.html
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/
http://www.landakpost.com/2017/10/72-tahun-merdeka-serangan-jantung-dan.html
true
6237246854241968861
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy