Vera Amelia Meneliti Strategi Pengolahan Lahan Kering yang Cocok untuk Kabupaten Landak

Vera Amelia, pakar Konservasi Lingkungan.


Di wilayah Landak, yang didominasi oleh lahan kering daripada lahan basah, pemahaman mendalam tentang teknik dan teknologi dalam pengelolaan lahan kering menjadi krusial bagi pejabat dan warga setempat. 

Wilayah Landak menghadapi tantangan unik karena curah hujan yang rendah dan kondisi tanah yang cenderung kering, memerlukan pendekatan yang tepat untuk memastikan pertanian dan pengelolaan lahan yang berkelanjutan.

Publikasi hasil penelitian jadi buku

Para peneliti, termasuk Vera Amelia, telah menyusun buku manual yang menjadi panduan berharga dalam mengelola lahan kering di Landak. Bukunya berjudul Strategi Pengelolahan Lahan Kering Berlereng Berbasis Konversi diterbitkan PT Sinar Bagawan Khatulistiwa, tahun 2023.

Buku ini tidak hanya memberikan penjelasan tentang teknik-teknik terbaik, tetapi juga menjelaskan secara detail tentang penggunaan teknologi modern dalam irigasi, seperti sistem tetes atau titik yang meminimalkan pemborosan air. 

Buku manual ini menyoroti pentingnya konservasi tanah melalui penggunaan mulsa organik dan praktik penanaman penutup tanah untuk mencegah erosi dan menjaga kesuburan tanah. Hal ini sangat penting mengingat tantangan erosi yang sering terjadi di daerah dengan tanah kering seperti Landak.

Pemilihan tanaman yang tepat juga menjadi fokus utama dalam buku manual ini. Varitas tanaman yang tahan kekeringan dan cocok dengan kondisi tanah di Landak dianjurkan untuk ditanam agar dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas meskipun dalam kondisi air yang terbatas.

Manajemen pupuk yang cerdas juga menjadi bagian integral dari panduan ini. Dengan menganalisis secara teratur kebutuhan nutrisi tanah, para petani dapat mengoptimalkan penggunaan pupuk dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Selain itu, buku manual ini memberikan panduan tentang teknik penyimpanan air yang efisien, seperti pembuatan embung atau sumur resapan untuk mengumpulkan dan memanfaatkan air hujan secara optimal. Teknik-teknik ini tidak hanya membantu dalam menyediakan air untuk pertanian, tetapi juga memperkuat ketahanan lingkungan wilayah Landak terhadap perubahan iklim.

Dengan mengikuti panduan yang terdapat dalam buku manual ini, pejabat dan warga Landak dapat bekerja sama untuk mengelola lahan kering dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas pertanian, dan menjaga keberlanjutan lingkungan di wilayah mereka.

Hasil penelitian Vera Amelia

Menurut hasil penelian Vera Amelia, lahan kering sering atau biasa disebut dengan padanan upland, dryland atau unirrigated land. Lahan ini merupakan ekosistem teresterial yang memiliki komposisi luas relatif lebih banyak bila dibandingkan dengan lahan basah (wetland). 

Berdasarkan Atlas Arahan Tata Ruang Pertanian Indonesia skala 1:1.000.000 Indonesia memiliki daratan sekitar 188,20 juta ha, terdiri atas 148 juta ha lahan kering (78%) dan 40,20 juta ha lahan basah (22%) (Pusat Penelitian dan Pengem- bangan Tanah dan Agroklimat 2001).

Lahan kering merupakan hamparan lahan yang tidak pernah tergenang atau digenangi air pada sebagian besar waktu dalam setahun atau sepanjang waktu (Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat, 2004). 

Dengan demikian dapat juga dijelaskan bahwa ekosistem lahan kering merupakan suatu kawasan ekologi yang berada pada wilayah yang berkedudukan lebih tinggi (upland) yang tidak pernah tergenang. 

Meskipun demikian, kawasan-kawasan ini dapat dijumpai pada dataran rendah (0-700 m dpl) hingga dataran tinggi (> 700m dpl). 

Berdasarkan relief dan topografinya, ekosistem lahan kering lebih banyak dijumpai pada kawasan-kawasan berlereng dengan kondisi kemantapan lahan yang relatif agak labil (peka terhadap erosi) terutama bila penanah.

Secara umum, beberapa ciri khusus yang biasa dijumpai pada ekosistem lahan kering adalah suhu udara yang relatif tinggi, kadar air terbatas dan sangatbergantung pada hujan. 

Agroekosistem lahan kering dengan komponen ekosistem sebagai kesatuan biofisik lingkungan yang homogen sangat potensial sebagai salah satu tumpuan sumber daya lahan bagi pembangunan pertanian. Terutama di Kalimantan yang tersedia banyak lahan keringnya.

Pemanfaatan sumberdaya lahan

Terkait pemanfaatan sumberdaya lahannya, ekosistem lahan kering di Indonesia berada pada zona iklim tropis. 

Hal ini mengindikasikan bahwa ekosistem ini memiliki curah hujan yang relatif cukup tinggi dan beriklim lembab. Berbeda dengan lahan-lahan kering yang berada di zona iklim mediteran dan continental seperti di negara-negara Eropa.

Sumberdaya lahan merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam proses produksi se- perti untuk tujuan pertanian maupun perkebunan. Hal ini dapat dipahami karena sektor-sektor tersebut berbasis pada sumberdaya lahan yang tersedia. 

Lahan merupakan komponen ekosistem dalam suatu ekologi yang saling berinteraksi dengan organisme baik tanaman termasuk hewan yang membentuk suatu sistem kehidupan.

Agroekosistem dapat didefinisikan sebagai sekelompok wilayah dengan kondisi biofisik lingkungannya yang hampir sama dimana keragaan komponen biotik dan abiotic diharapkan tidak berbeda nyata. 

Agroekosistem lahan kering dengan komponen ekosistem sebagai kesatuan biofisik lingkungan yang homogen sangat potensial sebagai salah satu tumpuan sumber daya lahan bagi pembangunan pertanian.

Patut untuk dijadikan acuan 

Dengan faktor pembatas yang relatif lebih ringan dibandingkan dengan lahan rawa sepertigambut dan pasang surut. 

Jenis komoditas yang dapat dikembangkan pada ekosistem lahan kering juga lebih beragam, baik tanaman pangan maupun hortikultura dan perkebunan.

Hasil penelitian dan temuan pakar di bidang Konservasi Lingkungan Fakultas Pertanian, Universitas Palangka Raya ini patut untuk dijadikan acuan. 

Terutama di wlayah yang kondisi geografisnya di pulau Kalimantan. (Rangkaya Bada)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url